Friday, May 8, 2015

Analisis artikel konseptual

Artikel konseptual dalam panduan karya ilmiah didefinisikan sebagi suatu karya ilmiah yang dihasilkan oleh penulisnya melalui proses pemikiran yang mendalam terhadap suatu gejala yang muncul di dalam ranah ilmu tertentu.
Artikel konseptual merupakan hasil pemikiran penulis mengenai sesuatu hal berbentuk konsep yang biasanya membahas kembali teori yang sudah ada sebagai sumber data.
Adapun sistematika penulisan artikel konseptual sebagai berikut:
1.      Judul
Judul artikel konseptual harus mengandung masalah yang akan dibahas dengan tepat, jelas dan harus memliki daya tarik pembaca. Judul artikel konseptual bersifat provokatif, hal ini bertujuan untuk merangsang pembaca untuk membaca artikel yang bersangkutan.
2.      Nama penulis
Nama penulis artikel ditulis tanpa disertai gelar akademik atau gelar profesional yang lain. Untuk gelar kebangsawanan atau keagamaan boleh disertakan. Jika penulis lebih dari dua orang, yang dicantumkan adalah nama penulis yang pertama saja kemudian ditambahi dkk. Nama penulis kedua boleh dituliskan dicatatan kaki jika memungkinkan.
3.      Abstrak
Abstrak artikel konseptual adalah ringkasan dari isi artikel yang dituangkan secara padat, bukan berupa komentar atau kata-kata pembuka dari penulis. Ketentuan untuk menulis abstrak yatu dengan spasi tunggal, tiap paragraf berisi 50 sampai dengan 75 kata.
4.      Pendahuluan
Bagian ini menguraikan hal-hal yang dapat menarik perhatian pembaca dan memberikan acuan (konteks) bagi permasalahan yang akan dibahas, misalnya dengan menampilkan hal-hal yang kontroversial dalam pembahasan permasalahan terkait dalam artikel-artikel atau naskah-naskah yang telah dipublikasikan. Bagian pendahuluan ini diakhiri dengan rumusan singkat tentang hal-hal pokok yang akan dibahas dan tujuan pembahasan.
5.      Inti artikel
Bagian inti isinya bermacam-macam, dapat berupa kupasan, argumentasi, analisis komparasi, keputusan dan sikap penulis terhadap permasalahan tersebut. Banyaknya sub bagian tergantung kepada kecukupan kebutuhan penulis untuk menyampaikan pendapatnya.
6.      Penutup atau simpulan
Penutup berisi simpulan atau ringkasan mengenai masalah yang telah dibahas.
7.      Daftar rujukan
Hanya buku yang dirujuk atau tercantum dalam kutipan.

Artikel lainnya:

No comments:

Post a Comment