Tuesday, May 5, 2015

Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah salah satu jenis penelitian yang berorientasi pada tindakan kelas. Penelitian ini biasa dilakukan oleh guru bertujuan untuk memecahkan masalah yang terdapat di pembelajaran di dalam kelas.

Hal yang harus dilakukan dalam melakukan penelitian ini adalah mengidentifikasi masalah. Identifikasi Masalah dalam PTK yaitu berupa mengumpulkan masalah - masalah yang terdapat di kelas.

Contoh mengidentifikasi masalah dalam penelitian tindakan kelas :

Masalah-masalah yang dihadapi ketika melaksanakan kegiatan belajar-mengajar di kelas I SD Kalibening :

a. 51,4 % (18 dari 35 siswa) siswa kelas I A mengalami ketidaktuntasan dalam pembelajaran Matematika. Hal ini dilihat dari rata-rata nilai ulangan harian dalam materi bilangan.

b. 40 % (14 dari 35) siswa kelas I A kurang lancar dalam membaca kata atau kalimat sederhana.

c. Rendahnya tingkat pemahaman siswa dilihat dari nilai soal latihan pada pelajaran IPA tentang makanan sehat dan makanan tidak sehat dalam tema Aku dan Keluarga. Hal tersebut terjadi pada 13 dari 35 siswa atau 37 % siswa kelas I A.

d. Pada pembelajaran IPS, ada 7 siswa atau 20 % siswa yang mendapatkan nilai dibawah KKM. Hal ini dilihat dari nilai ulangan harian IPS mengenai identifikasi diri pada tema Aku dan Keluarga.

Munculkan jumlah siswa, dala contoh jumlah siswa dalam kelas sebanyak 35 siswa.

Artikel lainnya:

No comments:

Post a Comment